Monday 8 December 2014

Perkiraan Penduduk Tahun 2100

Menjelang 11 Milyar Penduduk Dunia


Populasi dunia melampaui perkiraan sebelumnya, jumlah penduduk dunia saat ini mencapai 7,2 milyar orang. Populasi dunia akan mencapai 9,6 milyar orang pada 2050 dan 10,9 milyar pada 2100.

Laporan Economic and Social Affairs Division Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 13 Juni lalu memprediksi wajah bumi ini akan dihiasi wajah-wajah gelap dari benua hitam. Negara-negara Afrika akan mengalami pertambahan penduduk di atas rata-rata, sehingga menyumbang separuh dari peningkatan populasi dunia. Niger mengalami fenomena ledakan penduduk karena sepanjang abad ini mengalami peningkatan populasi melampaui 1.000 persen karena rata-rata seorang ibu melahirkan lima anak.

Ilustrasi Ledakan Penduduk Afrika

Cina yang selama ini menjadi Negara dengan pertumbuhan besar seolah berhenti bertumbuh. Pada 2013 penduduk Cina berjumlah 1,38 milyar dan akan sempat memuncak pada 2030 dengan populasi 1,38 milyar namun berangsur-angsur akan menyusut hingga 1 milyar jiwa. Sebaliknya, India belum bisa mengerem lonjakan penduduk. Sehingga diperkirakan pada akhir abad ini, India akan menjadi negara berpenduduk terbesar di dunia.

Lalu apa yang akan terjadi di Indonesia?? Jumlah penduduk Indonesia sangat besar, menduduki peringkat keempat tertinggi dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Berdasar Sensus Penduduk (SP) 2010 jumlah penduduk sebesar 237,6 juta jiwa dan diperkirakan PBB akan mengalami puncaknya pada 2069 dengan jumlah penduduk mencapai 326,5 juta jiwa. Kabar gembiranya, akibat rendahnya laju pertumbuhan penduduk (LPP) Indonesia akan membuat posisi keempat terbesar akan disalip Nigeria pada 2034. ***


Kencanadaya dari berbagai sumber.




No comments:

Post a Comment